Ekskul Bulutangkis MAN 2 Rembang Cari Bibit Handal

Selain materi pelajaran di kelas, siswa juga mendapat bimbingan sesuai bakat dan minat. Ini ditampung dalam kegiatan ekstrakurikuler. Saat ini kegiatan ekskul kembali dilaksanakan setelah sebelumnya berhenti selama akhir semester gasal.

Salah satu ekskul yang banyak diminati siswa MAN 2 Rembang adalah bulutangkis yang dilaksanakan setiap hari Rabu bertempat di gedung aula madrasah bagi siswa kelas X dan XI.

Guru pembina ekskul bulutangkis, M. Rusyanto Fitriyantono mengungkapkan bahwa pada awalnya terdapat 86 siswa yang mendaftar di ekskul bulutangkis. Kemudian diadakan seleksi selama 2 hari yang hasilnya mengerucut menjadi 68 siswa.

“Dari sejumlah itu kita bagi menjadi dua kategori yaitu sedang dan kurang. Sedang berarti biasa main dan pernah masuk PB. Kemudian kurang berarti harus dibimbing pengenalan dari dasar,” ujar Rian, sapaan akrabnya.

Rian menambahkan, materi yang biasa diberikan untuk dasar seperti pengenalan pegangan raket, pola langkah, teknik pukulan forehand dan backhand, daya tahan aerobik dan anaerobik dan sebagainya.

Sementara untuk kategori sedang biasa diberikan drill di beberapa tehnik, pola langkah, strategi permainan, daya tahan aerobik dan anaerobik.

Dari hasil pengamatan selama ini untuk progres siswa dari dasar atau masuk kategori kurang, sudah mulai kelihatan pukulan dan pola langkahnya walaupun kemampuan motorik setiap anak berbeda.

Untuk progres siswa yg sedang sudah mulai tertata pola permainannya, dan sudah menemukan pasangan yang cocok dalam bermain.

Untuk peralatan seperti raket dan shuttle cock disediakan pihak madrasah walaupun jumlahnya masih kurang. Untuk siswa yang sudah punya raket sendiri biasanya dibawa saat latihan.

“Kita sudah pernah mengirimkan 4 siswa dalam kejurkab di Rembang walaupun belum berhasil. Setidaknya anak-anak sudah pernah merasakan atmosfir pertandingan. Rencana ke depan akan mengadakan sparing lawan sekolah-sekolah di sekitar Lasem,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *