Praktik P5-P2RA Tema Kearifan Lokal Berlangsung Semarak, Ada yang Jadi Pengantin

Suasana di aula MAN 2 Rembang tampak berbeda. Terdapat enam dekorasi cantik yang memenuhi ruangan. Puluhan siswa berpakaian adat Jawa dengan beberapa perlengkapan dan hiasan. Ada pula yang berhias layaknya pengantin.

Ini merupakan rangkaian kegiatan penilaian praktik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas X yang mengambil tema Kearifan Lokal. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Rabu, 11 & 13 Desember 2023.

Kearifan lokal yang diambil yaitu berbagai macam tradisi masyarakat Jawa yang masih dilakukan dan dijumpai hingga sekarang. Ada enam tradisi yang ditampilkan yaitu Siraman, Midodareni, Temu Manten, Mitoni, Tedak Siten, dan Sedekah Bumi.

Jumlah kelas X terdapat 12 kelas yang dibagi dalam dua sesi/hari. Dalam satu sesi terdapat enam kelas yang masing-masing mempraktekkan tradisi yang berbeda.

Para siswa cukup antusias dengan kegiatan ini. Hal tampak saat mereka kompak dalam mendekorasi tempat. Terdapat pula yang membawa makanan dan seserahan yang membuktikan totalitas mereka.

Koordinator P5P2RA, Nurul Chotimah mengatakan bahwa pemiliha tema ini untuk mencintai budaya nusantara. Para siswa diharapkan bisa lebih mengenal budaya daerahnya di tengah gempuran budaya asing.

Ia menambahkan setiap kelas merancang konsep acara, mulai menunjuk MC/pranotocoro, busana, susunan panitia, para pemeran, hiasan, perlengkapan dan lain sebagainya.

“Konsep tidak harus mewah yang penting urutan acara benar dan peralatan yang digunakan juga tepat. Bisa juga dua kelas yang mendapat tema sama bisa kerjasama dalam membuat dekorasi,” ujar Nurul.

Para pengunjung dari siswa maupun guru juga antusias dan memenuhi ruangan aula untuk melihat kegiatan ini. Alunan musik Jawa semakin menambah semarak. Untuk tim penguji terdiri dari guru mapel P5P2RA, koordinator, dan fasilitator kelas. -huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *