Sukseskan Masuk Perguruan Tinggi, Alumni MAN 2 Rembang Berikan Mentoring

Semester genap menjadi masa-masa sibuk bagi siswa kelas XII. Dengan waktu pembelajaran aktif yang singkat, mereka akan melalui berbagai ujian seperti PAT, Ujian Madrasah serta Ujian Praktik.

Selain itu jauh hari mereka telah mendapatkan informasi tentang masuk perguruan tinggi. Berbagai perguruan tinggi sudah melakukan sosialisasi di MAN 2 Rembang. Untuk itu siswa yang berkeinginan melanjutkan kuliah perlu mendapatkan banyak informasi termasuk dari para alumni.

Pada hari Sabtu 14 Januari 2023 sejumlah alumni MAN 2 Rembang memberikan pembekalan dan informasi kepada peserta didik kelas XII yang berminat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Perwakilan alumni, Wahyu Prasetyo menjelaskan kegiatan diinisiasi oleh alumni angkatan 2022 yang tergerak untuk membantu adik-adiknya untuk mendapatkan gambaran mengenai program studi atau jurusan yang diinginkan.

“Ini merupakan rangkaian gebyar Campus Fair MAN 2 Rembang 2023. Sebelumnya kami telah membuat semacam angkat untuk mengetahui jurusan apa yang diinginkan adik-adik kelas XII,” ujar Wahyu yang mantan Ketua OSIS tersebut.

Foto: Nafi’ari

Hasilnya 80 persen siswa ingin melanjutkan kuliah. Selanjutnya, pada Sabtu siang mereka dibagi dan masuk di ruang kelas yang sudah disetting untuk setiap jurusan atau fakultas seperti Hukum, Ekonomi, Pendidikan, Teknik dan lain sebagainya.

Kegiatan di ruang kelas diisi dengan mentoring, di mana para siswa mendapatkan pemaparan mengenai jurusan-jurusan yang mereka inginkan bersama para alumni sesuai bidangnya masing-masing.

Wahyu melanjutkan bahwa alumni yang ikut tersebar di berbagai perguruan tinggi seperti ITS, UNNES, UNDIP, Universitas Brawijaya, UNS, UIN Walisongo, IAIN Kudus, Poltekkes Semarang, UMK Kudus, dan Universitas YPPI Rembang.

“Saya senang, bangga sekaligus terharu bisa kembali lagi ke madrasah. Memori semasa sekolah teringat kembali. Bangga karena dapat membawa nama almamater kampus dan berbagi ilmu kepada adik-adik disini,” pungkas mahasiswa ITS Surabaya tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *