Implementasi P5-P2RA, MAN 2 Rembang Gandeng KPU Gelar Pendidikan Pemilu

Bertempat di aula madrasah, MAN 2 Rembang menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu pada hari Rabu (23/8) kemarin. Madrasah menggandeng KPU Kabupaten Rembang dan PPK Kecamatan Lasem sebagai narasumber.

Kegiatan ini sekaligus sebagai implementasi Kurikulum Merdeka pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA) dengan tema “Suara Demokrasi”.

Hadir pada kesempatan tersebut seluruh peserta didik kelas X, perwakilan kelas XII, serta guru pengajar P5-P2RA. Wakil kepala madrasah bidang humas, Muslihul Afif mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut agar para peserta didik punya gambaran tentang pemilu.

“Mengingat tahun depan adalah tahun politik. Terlebih bagi peserta didik kelas X bisa tahu bagaimana demokrasi di madrasah,” imbuhnya saat membuka acara mewakili kepala madrasah.

Anggota KPU Kabupaten Rembang, Maskutin dalam paparannya menjelaskan mengenai unsur-unsur dalam pemilu, yaitu penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, peserta pemilu, dan masyarakat.

“Ketiga unsur ini punya peran penting. Ketiganya harus punya satu tujuan, yaitu mewujudkan pemilu yang demokratis,” ujar anggota KPU Divisi Data dan Informasi tersebut.

Maskutin juga menjelaskan untuk peserta didik kelas XII yang sudah berusia 17 tahun masuk sebagai pemilih pemula yang mana gelaran pemilu 2024 akan menjadi pengalaman pertama mereka dalam berdemokrasi 

Menurutnya pemilih pemula perlu cerdas dan memahami para calon yang akan dipilihnya. Ia pun memberikan tips bagi pemilih pemula yaitu lakukan riset terhadap para calon dan jangan mudah terpengaruh dengan kampanye hitam dan ujaran kebencian.

“Saya harap adik-adik yang menjadi pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya. Cek data kalian di situs KPU. Jangan sampai golput, ya,” pungkas Maskutin.

Pada kesempatan tersebut, KPU Rembang bersama PPK Kecamatan Lasem juga mengadakan kuis dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar pemilu. 

Peserta didik yang berhasil menjawab pertanyaan mendapatkan doorprize menarik dan berkesempatan berfoto dengan maskot KPU, yaitu Sura dan Sulu yang berhasil menyedot perhatian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *