MAN 2 Rembang Gelar Bimtek Aplikasi Exambro

Dunia digital sudah merambah berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Berbagai terobosan dilakukan untuk meningkatkan kualitas dengan media digital.

MAN 2 Rembang mulai memasukkan unsur digital dalam pembelajaran. Salah satunya dalam hal penilaian pembelajaran. Sudah beberapa waktu ini MAN 2 Rembang mulai meninggalkan penggunaan kertas.

Untuk menyikap hal tersebut, MAN 2 Rembang menggelar Bimtek Unggah Soal Aplikasi Exambro yang bertempat di laboratorium komputer.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu (28 Februari – 2 Maret, dan 4 Maret 2023). Waktu empat hari tersebut dibagi untuk seluruh guru dengan menyesuaikan jadwal mengajar.

Basuki Darsono selaku narasumber mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi Exambro sebagai pelengkap dari sistem penilaian di MAN 2 Rembang yang sebelumnya menggunakan link googleform.

Menurut Basuki, media gooogleform memiliki kelemahan yaitu tingkat kecurangan yang masih besar. Siswa bisa membuka aplikasi lain seperti google untuk mencari jawaban.

“Jadi kita mencari cara dengan mencoba menggunakan Exambro. Dengan aplikasi ini tingkat kecurangan siswa bisa diminimalisir” ujarnya Kamis (2/3/2023) kemarin.

Kegiatan hari pertama (foto: jokopict)

Basuki yang juga kepala laboratorium tersebut mengungkapkan dengan media Exambro, siswa yang membuka aplikasi lain, dalam waktu cepat akan otomatis tampilan smartphone akan kembali lagi ke aplikasi Exambro.

Menurutnya ini memperkecil peluang siswa untuk mencari jawaban lain. Pada kesempatan tersebut, Basuki menjelaskan secara runtut penggunaan aplikasi tersebut.

Untuk memakai Exambro dengan menggunakan barcode soal. Para guru diajarkan bagaimana cara membuat barcode dengan menggunakan soal.

“Bapak ibu guru sebelumya sudah mempersiapkan soal kemudian diunggah di googleform,” imbuh Basuki.

Selanjutnya link googleform tersebut disalin dan ditempel di QR Code Generator, sehingga akan mucul barcode.

Kemudian tahap berikutnya me-download aplikasi Exambri di google playstore. Basuki yang sudah mempersiapkan contoh barcode mempersilakan para guru untuk mencoba.

Barcode tersebut di-scan dengan aplikasi Exambro yang sudah diinstall tersebut dan muncul soal dalam bentuk googleform.

“Sementara masih menggunakan data kuota. Targetnya nanti akan berbasis wifi sehingga hanya aplikasi Exambro yang bisa dibuka,” pungkas Basuki. (huda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *