Meriahkan Karnaval Lasem, MAN 2 Rembang Angkat Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama

Beberapa waktu belakangan ini marak diadakan kegiatan karnaval untuk memeriahkan HUT ke-78 RI. MAN 2 Rembang ikut menyemarakkan karnaval tingkat Kecamatan Lasem pada hari Minggu, 20 Agustus 2023.

Tim karnaval MAN 2 Rembang yang terdiri dari guru, pegawai dan siswa tampak semangat sedari pagi sudah sampai di lokasi acara. Cuaca yang cerah dan panas membersamai ribuan masyarakat yang antusias menyaksikannya.

Start dimulai dari pertigaan Pasar Jolotundo (Pasar Duwur) dan berakhir di kawasan alun-alun depan Masjid Jami’ Lasem. MAN 2 Rembang menampilkan tema Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama.

Pada rombongan awal terdiri dari pasukan merah putih sebagai lambang kekuatan dahsyat semangat juang bangsa. Disusul rombongan yang berpakaian adat Jawa berupa beskap dan kebaya, untuk mengajak mencintai budaya Jawa.

Selanjutnya tampak para siswa yang mengenakan baju berbagai daerah sebagai perlambang moderasi beragama yang digaungkan Kementerian Agama. Ada juga belasan penari Tari Orek-orek yang merupakan tarian khas Rembang.

Wakil kepala bidang kesiswaan, Khusnul Khotimah mengatakan sudah persiapan beberapa hari sebelumnya. Selain tema yang akan ditampilkan juga ditentukan siswa yang akan ikut dan mewakili.

“Ada juga penampilan batik carnival hasil karya siswa kita. Semoga tema ini bisa lebih menghargai kearifan lokal dan toleransi dalam moderasi beragama,” imbuhnya.

Karnaval ini diikuti oleh 50-an peserta yang terdiri dari kelompok sekolah (SD, SMP, SMA) dan umum. Start yang awalnya di lapangan Mahbang dialihkan ke pasar Jolotundo dan berlangsung sangat meriah dengan masyarakat memenuhi sepanjang jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *